Friday, September 5, 2008

Terapi repleksi telapak tangan


Terapi refleksi telapak tangan dilakukan dengan melakukan penekanan pada area atau daerah telapak tangan yang berkaitan dengan penyakit yang dimaksud. Daerah refleksi merupakan alat pengontrol utama dari organ tubuh dan juga merupakan titik pusat urat-urat saraf, dimana titik-titik tersebut berkaitan dengan organ tubuh tertentu yang apabila dilakukan penekanan pada daerah refleksi sirkulasi darah pada organ yang bersangkutan akan manjadi lancar. Apabila sirkulasi darah dalam tubuh tidak lancar, fungsi organ tubuh yang berkaitan akan terganggu atau timbul penyakit karena penerimaan zat makanan terhambat dan pembuangan kotoran tidak lancar sehingga mengendap di organ tersebut. Sirkulasi darah yang lancar berdampak positif bagi kesehatan dan membantu proses penyembuhan penyakit.
Penekanan pada daerah refleksi berhubungan erat dengan prinsip Yin dan Yang, kedua unsur tersebut saling berlawanan dan saling mempengaruhi serta membentuk satu kesatuan yang utuh di dalam tubuh maupun lingkungan di alam. Persatuan yang dibentuk oleh energi Yin dan Yang, menghasilkan harmonisasi atau keseimbangan tubuh.
Penekanan titik atau area refleksi dapat dilakukan dengan jari tangan, tusuk gigi, tongkat kecil yang bagian ujungnya tumpul, dan sebagainya. Apabila saat dilakukan penekanan pada daerah refleksi tertentu terasa ada semacam pasir halus yang menandakan bahwa dalam pembuluh darah terdapat endapan kotoran tubuh. Dengan melakukan pemijatan pada daerah refleksi tersebut berarti menstimulasi peredaran darah yang membawa zat makanan ke organ terkait dan mengeluarkan sisa buangan tubuh dari organ terkait.

Berikut titik-titik pemijatan untuk beberapa macam penyakit :

  • SAKIT KEPALA

Area refleksi yang efektif untuk sakit kepala terletak disisi kiri dan kanan jari tengah, dibagian telinga kiri dan telinga kanan, serta ubun-ubun. Dapat pula dilakukan perangsangan pada titik refleksi berdasarkan penyakit tertentu yang menyebabkan sakit kepala, seperti limpa, tekanan darah tinggi, mata kiri, mata kanan dan tekanan darah rendah.

  • TEKANAN DARAH TINGGI (HIPERTENSI)

Area refleksi yang efektif untuk hipertensi terletak disisi jari tengah pada zona ginjal kiri dan kanan. Lakukan juga perangsangan pada titik jantung bagian kanan, jantung bagian kiri, ana ginjal kanan, anak ginjal kiri dan tekanan darah tinggi serta titik akupunktur shixuan yang terletak di ujung-ujung jari. Refleksi ini sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari. Dengan demikian tensi darah yang tinggi dapat dikendalikan perlahan-lahan.

  • TEKANAN DARAH RENDAH (HIPOTENSI)

Untuk menormalkan tekanan darah terapi refleksi dapat dilakukan dengan merangsang zona refleksi tekanan darah rendah, anak ginjal kanan dan anak ginjal kiri. Titik akupunktur peningkat tekanan yang terletak di belakang telapak tangan dekat pergelangan tangan dapat dikombinasikan dengan terapi refleksi.

  • DIABETES

Daerah refleksi yang efektif di sekitar pangkal ibu jari tangan kanan. Jika daerah refleksi tersebut terasa sakit kemungkinan tubuh memang menderita diabetes. Lakukan rangsangan pada darah refleksi pankreas, limpa, hiperteroid, meridian limpa dan kelenjar hormon.

Semua titik-titik tersebut dipijat sebanyak 30 kali setiap hari. Demikian saran kami semoga bermanfaat. Bagi anda yang ingin berkonsultasi lewat media online silahkan kunjungi situs kami di www.harmonyfengshui.com.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home